Definisi Sumber Belajar Menurut Para Ahli

  1. Cece Wijaya dan A.Thabrani Rusyah (1994), berpendapat bahwa yang dimaksud dengan sumber belajar adalah lingkungan yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah sebagai sumber pengetahuan, dapat berupa manusia atau bukan manusia.
  2. Ahmad Rohani dan Abu Ahmadi (1991), menguraikan bahwa sumber belajar adalah segala daya yang dapat dipergunakan untuk kepentingan proses atau aktifitas pengajaran baik secara langsung maupun tidak langsung diluar dari peserta didik (lingkungan) yang melengkapi diri mereka pada saat pengajaran berlangsung.
  3. Fred Percival dan Henry Ellington (1988), memberi pengertian bahwasannya sumber belajar (Resources Learning) adalah satu set bahan atau situasi belajar yang sengaja diciptakan agar siswa secara individual dapat belajar.
  4. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai (1989), menjelaskan bahwa sumber belajar adalah daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar baik secara langsung maupun tidak langsung sebagian atau secara keseluruhan.
  5. Sumber belajar menurut Ratno Dwi Joyo S.Pd dapat diartikan secara sempit dan luas. Secara sempit, dijelaskan bahwa sumber belajar yaitu buku atau bahan cetak lainnya. Sedangkan secara luas, yaitu segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar.
  6. Menurut Siregar Eveline & Hartini Nara (2002: 127), sumber belajar adalah segala sesuatu yang digunakan untuk fasilitas dalam belajar, artinya sumber belajar dapat berwujud apa saja baik pesan, manusia, material atau bahan, peralatan, lingkungan, dan lain sebagainya. Melalui berbagai wujud fasilitas tersebut diharapkan dapat memudahkan proses belajar seseorang. 
  7. Menurut Ahmad Sudrajat, sumber belajar (Learning Resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang, dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu.
  8. Sudjana (Suratno, 2008), menuliskan bahwa pengertian sumber belajar bisa diartikan secara sempit dan secara luas. Pengertian secara sempit diarahakan pada bahan-bahan cetak. Sedangkan secara luas tidak lain adalah daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar, baik secara langsung maupun tidak langsung.

 

Kesimpulan :

    Berdasarkan beberapa definisi sumber belajar menurut para ahli di atas, maka saya dapat menyimpulkan bahwa sumber belajar adalah segala sesuatu (seperti orang, bahan-bahan cetak, lingkungan, dll) yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung, sehingga para peserta didik dapat memaksimalkan kemampuan yang ada pada dirinya dan dapat mencapai tujuan belajar ataupun mencapai kompetensi tertentu.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Limit Fungsi Aljabar, Tak Hingga, dan Fungsi Trigonometri

Turunan Fungsi Implisit