Pengenalan Bahasa Pemrograman C++

A.       Sejarah perkembangan bahasa C++

C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C  yang dikembangkan di Bong Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B, pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix.

Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bel labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980an. Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding).

Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek.

Sebenarnya bahasa C++ mengalami dua tahap evolusi. C++ yang pertama, dirilis oleh AT&T Laboratories, dinamakan cfront. C++ versi kuno ini hanya berupa kompiler yang menterjemahkan C++ menjadi bahasa C.

Borland International merilis compiler Borland C++ dan Turbo C++. Kedua compiler ini sama-sama dapat digunakan untuk mengkompilasi kode C++. Bedanya, Borland C++ selain dapat digunakan dibawah lingkungan DOS, juga dapat digunakan untuk pemrograman Windows.

Pada evolusi selanjutnya, Borland International Inc. mengembangkan kompiler C++ menjadi sebuah kompiler yang mampu mengubah C++ langsung menjadi bahasa mesin (assembly). Sejak evolusi ini, mulai tahun 1990 C++ menjadi bahasa berorientasi obyek yang digunakan oleh sebagian besar pemrogram professional.

Selain Borland International, terdapat beberapa perusahaan lain yang juga merilis compiler C++, seperti Topspeed C++ dan Zortech C++.

B.       Pemrograman dan Algoritma

Pemrograman adalah proses membuat software komputer dengan menerapkan algoritma dan struktur data tertentu menggunakan bahasa pemrograman. Algoritma adalah metode dan tahapan sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan. Struktur data adalah tempat tatanan penyimpanan data yang dibutuhkan program pada komputer.

Gambar 1.1 Bagan Struktur Program

Kode program yang telah ditulis di-compile dan dieksekusi untuk menjalankannya. Compile adalah menerjemahkan kode program yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman, ke bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh komputer sehingga komputer mengerti apa yang diperintahkan.

Gambar 1.2 Mekanisme Eksekusi Program

C.       Flowchart

Flowchart atau diagram alir adalah diagram yang digunakan untuk merepresentasikan algoritma atau aliran program (flow) secara logika. Simbol umum dang fungsi flowchart ditunjukkan pada Tabel 1.1

Tabel 1.1 Simbol Umum dan Fungsi Flowchart

D.       IDE (Integrated Development Equipment) MinGW Developer Studio

IDE (Integrated Development Equipment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak.

E.       Struktur Sederhana Program pada C/C++


F.       Komponen Bahasa C/C++

1.      Identifier / Pengenal

Pengenal adalah suatu nama yang biasa dipakai dalam pemrograman untuk menyatakan variabel, konstanta, tipe data, dan fungsi. Aturan untuk penulisan identifier antara lain:

a.       Tidak boleh dimulai dengan karakter non huruf

b.      Tidak boleh ada spasi

c.       Tidak boleh menggunakan karakter-karakter ~ ! @ # $ % ^ & * ( ) + ` - = { } [ ] : " ; ' < > ? , . / |

d.      Tidak boleh menggunakan reserved words yang ada dalam C/C++

2.      Tipe Data

Berikut ini tipe data yang ada dalam C++

3.      Deklarasi Variabel

Seperti halnya Pascal, variabel yang digunakan dalam program harus dideklarasikan terlebih dahulu. Pengertian deklarasi di sini yaitu mengenalkan variabel ke program dan menentukan tipe datanya. Berikut ini contoh pendeklarasian variabel:

int jumlah;

float harga_satuan, variabel1;

char saya, kamu;

4.      Assignment

Proses assignment adalah proses pemberian nilai kepada suatu variabel yang telah dideklarasikan. Berikut adalah contoh assignment:

Jumlah = 10;

Harga_satuan = 23.456;

Saya = “B‟;

Kamu = “2‟;

5.      Konstanta

Untuk pendeklarasian konstanta dalam C++ mirip dengan Pascal. Sintaksnya adalah:

const tipe_data nama_konstanta = value;

6.      Komentar

Komentar digunakan untuk memberikan penjelasan pada program dan tidak akan dieksekusi dalam program. Penulisan komentar adalah sebagai berikut:

// ---------------------------------- //

ini adalah komentarku yang pertama

// ----------------------------------

atau

/* ----------------------------------

ini adalah komentarku yang pertama

---------------------------------- */


C.       Contoh Program

Nama Program    : Menampilkan nilai variabel

Compiler             : MinGW Developer Studio

Source Code        : 

Output            :




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Limit Fungsi Aljabar, Tak Hingga, dan Fungsi Trigonometri

Turunan Fungsi Implisit

Definisi Sumber Belajar Menurut Para Ahli