Pengenalan Bahasa Pemrograman C++
A.
Sejarah
perkembangan bahasa C++
C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne
Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C yang dikembangkan di Bong Labs (Dennis
Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya,
yaitu B, pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman
yang dijalankan pada sistem Unix.
Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute)
bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang
jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem
embedded, Bjarne Stroustrup pada Bel labs pertama kali mengembangkan C++ pada
awal 1980an. Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan
sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding).
Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan
sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang
paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman
berorientasi objek.
Sebenarnya bahasa C++ mengalami dua tahap evolusi. C++ yang pertama,
dirilis oleh AT&T Laboratories, dinamakan cfront. C++ versi kuno ini hanya
berupa kompiler yang menterjemahkan C++ menjadi bahasa C.
Borland International merilis compiler Borland C++ dan Turbo C++. Kedua
compiler ini sama-sama dapat digunakan untuk mengkompilasi kode C++. Bedanya,
Borland C++ selain dapat digunakan dibawah lingkungan DOS, juga dapat digunakan
untuk pemrograman Windows.
Pada evolusi selanjutnya, Borland International Inc. mengembangkan
kompiler C++ menjadi sebuah kompiler yang mampu mengubah C++ langsung menjadi
bahasa mesin (assembly). Sejak evolusi ini, mulai tahun 1990 C++ menjadi bahasa
berorientasi obyek yang digunakan oleh sebagian besar pemrogram professional.
Selain Borland International, terdapat beberapa perusahaan lain yang juga merilis compiler C++, seperti Topspeed C++ dan Zortech C++.
B.
Pemrograman dan Algoritma
Pemrograman adalah proses membuat software komputer dengan menerapkan algoritma dan struktur data tertentu menggunakan bahasa pemrograman. Algoritma adalah metode dan tahapan sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan. Struktur data adalah tempat tatanan penyimpanan data yang dibutuhkan program pada komputer.
Kode
program yang telah ditulis di-compile dan dieksekusi untuk menjalankannya.
Compile adalah menerjemahkan kode program yang ditulis menggunakan bahasa
pemrograman, ke bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh komputer sehingga
komputer mengerti apa yang diperintahkan.
Gambar 1.2 Mekanisme Eksekusi Program
C.
Flowchart
Flowchart atau diagram alir adalah diagram
yang digunakan untuk merepresentasikan algoritma atau aliran program (flow)
secara logika. Simbol umum dang fungsi flowchart ditunjukkan pada Tabel 1.1
Tabel 1.1 Simbol Umum dan Fungsi Flowchart
D.
IDE (Integrated Development Equipment) MinGW
Developer Studio
IDE (Integrated Development Equipment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak.
E.
Struktur Sederhana Program
pada C/C++
F.
Komponen Bahasa C/C++
1.
Identifier / Pengenal
Pengenal adalah suatu nama yang biasa dipakai dalam
pemrograman untuk menyatakan variabel, konstanta, tipe data, dan fungsi. Aturan
untuk penulisan identifier antara lain:
a.
Tidak boleh dimulai
dengan karakter non huruf
b.
Tidak boleh ada spasi
c.
Tidak boleh menggunakan
karakter-karakter ~ ! @ # $ % ^ & * ( ) + ` - = { } [ ] : " ; ' <
> ? , . / |
d.
Tidak boleh menggunakan
reserved words yang ada dalam C/C++
2.
Tipe Data
Berikut ini tipe data yang ada
dalam C++
3.
Deklarasi Variabel
Seperti halnya Pascal, variabel yang digunakan
dalam program harus dideklarasikan terlebih dahulu. Pengertian deklarasi di
sini yaitu mengenalkan variabel ke program dan menentukan tipe datanya. Berikut
ini contoh pendeklarasian variabel:
int jumlah;
float harga_satuan, variabel1;
char saya, kamu;
4.
Assignment
Proses assignment adalah proses pemberian nilai
kepada suatu variabel yang telah dideklarasikan. Berikut adalah contoh
assignment:
Jumlah = 10;
Harga_satuan = 23.456;
Saya = “B‟;
Kamu = “2‟;
5.
Konstanta
Untuk pendeklarasian konstanta dalam C++ mirip
dengan Pascal. Sintaksnya adalah:
const
tipe_data nama_konstanta = value;
6.
Komentar
Komentar digunakan untuk memberikan penjelasan pada program dan tidak akan dieksekusi dalam program. Penulisan komentar adalah sebagai berikut:
// ----------------------------------
//
ini adalah komentarku yang
pertama
//
----------------------------------
atau
/*
----------------------------------
ini adalah komentarku yang
pertama
----------------------------------
*/
C. Contoh Program
Nama Program : Menampilkan nilai variabel
Compiler : MinGW Developer Studio
Source Code :
Output :
Komentar
Posting Komentar